Apa itu Virus, MALWARE, dan RANSOMWARE? dan Apa Perbedaannya? - Chil97 - Tutorial, Programming, Desain | All About IT

Apa itu Virus, MALWARE, dan RANSOMWARE? dan Apa Perbedaannya?


 
perbedaan malware dan ransomware
Virus, Malware, dan Ransomeware.
Kita semua tahu betul bahwa serangan ransomware global kala itu tentu saja, saya berbicara tentang WannaCry yang terkenal tidak hanya menunjukkan kekuatan apa yang disebut sistem keamanan dan keselamatan ratusan perusahaan di seluruh dunia tetapi juga menggambarkan perlunya pentingnya sistem keamanan yang kuat dan tepat. Karenanya, hari ini di posting ini kita akan membahas tentang perbedaan antara malware dan ransomware. 

Malware dan Ransomware: Apa Perbedaannya? 
Jika Anda menggunakan komputer, maka Anda pasti pernah mendengar tentang virus, malware, trojan, worm, ransomware, spyware tetapi Anda mungkin tidak tahu apa perbedaannya? 

Pada dasarnya, semua istilah ini biasanya berada di bawah kata virus, terutama di tingkat informal, tetapi itu tidak benar. Karenanya, kami telah mengklasifikasikan mereka semua dengan nama dan kategori spesifik mereka. 

Sebagai worm, virus dan trojan bersama dengan program jahat lainnya hanya berada di bawah kategori malware, yang berarti perangkat lunak berbahaya. 

Kata malware itu sendiri mendefinisikan bahwa itu adalah jenis perangkat lunak yang terutama bertujuan untuk menyusup ke komputer atau sistem komputer tanpa persetujuan pengguna. 

Selain itu, itu hanya tergantung pada efek dan cara menginfeksi komputer atau perangkat, malware diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, mulai dari virus komputer untuk trojan, spyware, adware, worm, ransomware dan program jahat lainnya. 

Dan tidak hanya itu, bahkan beberapa dari mereka memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri sendiri, yang lain bekerja dari belakang layar pengguna dan hanya mencuri bank data (gudang data) dari pengguna dan dalam beberapa kasus, mereka bahkan benar-benar memblokir komputer juga. 

Jadi, sekarang tanpa membuang banyak waktu mari kita mulai, karena di sini di artikel ini, kami hanya akan menjelaskan kepada Anda semua tentang malware dan ransomware beserta dengan perbedaan di antara mereka, hanya untuk membuat Anda tahu dan mengerti persis apa yang dapat mereka lakukan dan cara terbaik untuk menghindarinya. 


Apa itu virus?
 

Pada dasarnya, virus adalah program komputer yang hanya dirancang untuk merusak perangkat apa pun dengan beberapa cara dan memiliki dua karakteristik utama, pertama, ia bertindak secara transparan kepada pengguna dan memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri. 

Tapi, banyak dari Anda mungkin berpikir mengapa itu disebut virus? Disebut virus hanya karena kemiripannya dengan virus biologis, yang juga disebut virus. 

Seperti dalam kasus virus komputer, apa yang terinfeksi adalah file yang menggunakan kode berbahaya, meskipun begitu  pengguna harus mengeksekusi file yang mengandung virus itu. 

Efeknya sangat bervariasi tergantung pada apa sebenarnya virus yang telah menginfeksi komputer tetapi terlepas dari semua hal ini, apa yang biasanya dilakukan oleh virus adalah memperlambat komputer dan berulang kali memodifikasi perilaku normal mereka sampai sistem yang terinfeksi mencapai titik kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Dan coba tebak hal yang paling menarik tentang ini adalah bahwa semua ini terjadi tanpa persetujuan pengguna. 

Selain itu, virus komputer pertama dikenal sebagai Creeper yang pada dasarnya dirancang oleh Bob Thomas pada tahun 1971 dan tujuan utamanya adalah tidak menyebabkan kerusakan pada komputer yang terinfeksi, karena itu adalah percobaan untuk memeriksa apakah suatu program dapat dibuat bergerak antara komputer seperti yang telah diusulkan pada 1939 oleh ilmuwan matematika John Louis Von Neumann. 

Istilah "virus komputer" tidak diciptakan sampai tahun delapan puluhan, ketika virus pertama yang menyebar secara luas di antara komputer muncul, seperti Elk Cloner, yang diprogram oleh seorang siswa berusia 15 tahun untuk komputer seri Apple II. 


Apa itu Malware?
 

Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa “malware world” sendiri mendefinisikan bahwa itu adalah "perangkat lunak berbahaya" yang dirancang khusus untuk mendapatkan akses ke komputer pengguna. 

Karena itu hanya dapat melacak situs yang dikunjungi pengguna dan menyebabkan tindakan yang dapat diabaikan pengguna sepenuhnya. Malware biasanya berupa keylogger, virus, worm, atau spyware dan dapat digunakan untuk mencuri informasi rahasia atau menyebarkan email yang tidak diinginkan. Namun, saat ini, perangkat lunak tipuan ini biasanya digunakan untuk menghasilkan setumpuk pendapatan melalui iklan terintegrasi. 

Baru-baru ini, Malware, dirilis oleh pedagang digital China yang bekerja untuk Rafotech, mengubah lebih dari 250 juta browser web di seluruh dunia menjadi mesin penghasil pendapatan iklan. Hampir 20% jaringan perusahaan dipengaruhi oleh Malware ini. Selanjutnya, ditemukan bahwa sebagian besar sirkulasi yang sama hanya karena pengelompokan. Malware terinstal tanpa izin pengguna bersamaan dengan beberapa program jahat yang diinginkannya. 

Apakah Anda semua ingat, mari kita semua mengingat kembali tentang malware terkenal yang dikenal sebagai Judy yang menginfeksi 36,5 juta perangkat Android. Malware ini ditemukan di 41 aplikasi, semua dikembangkan oleh perusahaan Korea, “Kiniwini”, yang menggunakan strategi yang sama untuk menghasilkan klik palsu dalam iklan hanya untuk menghasilkan pendapatan melalui cara menipu. Sebagian besar aplikasi berbahaya berada di toko resmi Android, tentu saja, saya tidak lain berbicara tentang Google Play, yang hanya menimbulkan pertanyaan serius tentang keamanan Android. 


Apa itu Ransomware?
 

Sekarang setelah mengetahui tentang virus dan malware, saatnya untuk tahu tentang Ransomware. Pada dasarnya, ini adalah jenis malware yang hanya memblokir atau membajak akses komputer Anda dan hanya memblokir akses ke sistem sampai tebusan yang diperlukan dibayar. Pada dasarnya, tebusan yang diminta diminta dalam bentuk cryptocurrency virtual seperti Ether atau Bitcoin. 

Namun, saat ini, alih-alih memblokir keyboard atau komputer pengguna, setiap file dienkripsi dengan kunci pribadi yang hanya diketahui oleh penulis Ransomware. Dan tidak hanya itu bahkan tidak ada jaminan bahwa jika tebusan yang diminta dibayar maka pengembang ransomware akan membukanya atau tidak. 

Jika Anda semua ingat maka izinkan saya memberi tahu Anda semua bahwa pada Mei 2017, serangan cyber berskala besar dihasilkan oleh WannaCry Ransomware yang menginfeksi lebih dari 300.000 komputer di 150 negara. Dan tidak hanya itu bahkan Ransomware lain, yang dikenal sebagai Petya, telah mengganggu operasi beberapa perusahaan besar. 

Pada dasarnya, Petya dirancang agar terlihat seperti Ransomware, karena strukturnya tidak memiliki skema pencarian informasi sama sekali. Setelah menyalakan kembali komputer korban, Petya mengenkripsi tabel file master (MFT) dari hard disk dan menyebabkan kegagalan dalam Master Boot Record (MBR). Kode terenkripsi digantikan oleh kode jahatnya sendiri, yang tidak memungkinkan Anda untuk mem-boot komputer Anda, dan kemudian layar memperlihatkan catatan tebusan. 

Bagaimana mereka menyebar? 

Sebagian besar penyebaran Malware terjadi melalui email dengan tautan yang mengklaim memiliki informasi tertentu yang menarik bagi pengguna dengan sedikit pengetahuan komputer. Setelah pengguna mengklik tautan itu, ia akan diarahkan ke situs web palsu yang terlihat seperti yang asli. 

Kemudian, untuk mengakses informasi atau program yang diperlukan, pengguna diminta untuk mengunduh perangkat lunak. Jika pengguna mengunduh perangkat lunak itu, komputernya terinfeksi. 

Di antara sumber utama serangan dunia maya adalah situs web dan jendela pop-up yang mengklaim 
menawarkan konten gratis, seperti musik atau film gratis. 

Pada dasarnya, semua celah keamanan ini memungkinkan scammers untuk menyebarkan program jahat yang hanya membantu mereka mencuri informasi pribadi dan kredensial bank. Jadi, apa pendapat Anda tentang ini? Cukup bagikan semua pandangan dan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini.
Apa itu Virus, MALWARE, dan RANSOMWARE? dan Apa Perbedaannya? Apa itu Virus, MALWARE, dan RANSOMWARE? dan Apa Perbedaannya? Reviewed by Iwanda Kusuma on 05:36 Rating: 5

No comments:

RPL 2 community. Powered by Blogger.