Source Code Aplikasi Penjualan Distro Anime Menggunakan CRUD Berbasis OOP dan Array dengan Java Netbeans Tanpa Database - Chil97 - All About IT

Source Code Aplikasi Penjualan Distro Anime Menggunakan CRUD Berbasis OOP dan Array dengan Java Netbeans Tanpa Database


Source code aplikasi penjualan distro anime dengan java array oop

Dalam dunia pendidikan, saat masuk SMK dan masuk di jurusan RPL/Multimedia kita dihadapkan dengan bahasa pemrograman JAVA. Tentu saja kita juga mendapkannya lagi ketika kita memasuki bangku kuliah yaitu jika kita mengambil jurusan Teknik Informatika.

Bahasa Pemrograman Java merupakan salah satu bahasa yang populer karena begitu banyak orang yang menggunakannya. Semua itu karena Bahasa Java ini mudah digunakan, banyak platform yang mendukung, banyak framework yang dikembangkan oleh banyak orang dan tentu saja merupakan bahasa untuk membangun aplikasi Android karena Android Studio yaitu untuk membuat aplikasi Android menggunakan bahasa java/xml untuk membentuk aplikasi android.

Dalam Postingan kali ini saya akan berbagi hasil kerja saya selama 1 Semester di bangku kuliah dengan tugas akhir dan hasil akhir dari 1 semester ini yaitu sebuah aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa Java dengan metode OOP (Object Oriented Programming) dan implementasi pemahaman Array untuk penyimpanan datanya tanpa menggunakan database.

Aplikasi Lainnya :

Aplikasi ini adalah Aplikasi Penjualan di mana saya mengangkat judul yaitu Distro Anime. Aplikasi untuk proses penyimpanan data dan Transaksi dalam penjualan Distro Anime menggunakan Array sebagai penyimpanan tanpa harus membuat dan Menggunakan database.

Download Source Code Aplikasinya pada Link di bawah ini :


Langkah-langkah memulai menggunakan aplikasi penjualan ini adalah sebagai berikut :
  1. Buka Aplikasinya dengan membuka aplikasi netbeans terlebih dahulu
  2. Ekstrak file project yang sudah di download di manapun yang anda inginkan
  3. Pastikan susunan file di dalam folder project itu lengkap seperti gambar di bawah ini 
  4. Jika sudah lengkap, buka Project dengan membuka Netbeans kemudian klik menu File -> Open Project. Cari direktori DistroAnime yang sudah diekstrak tadi. Bila sudah ketemu klik Open 
Susunan FIle Project


RESOLVE PROBLEM JIKA TERJADI MASALAH

Jika terjadi masalah seperti adanya warning ketika membuka project seperti yang di bawah ini, maka ikuti langkah seperti di gambar untuk menyelesaikan masalah ini.

Resolve Probelm
pada gambar di atas terdapat 3 buah file jar yang tidak terdeteksi, tenang jangan panik. menyelesaikan masalah ini harus satu satu file, kita mulai dengan cara ini :


  1. Pilih 1 problem terlebih dahulu, kemudian klik resolve.
  2. Cari direktori/folder "dist" yang sudah satu paket dengan project ini, kemudian buka folder "lib" yang ada di dalam folder dist, lalu pilih "ormlite-core-5.0.jar" kemudian klik OK.
Mencari direktori dist

  4. lakukan langkah yang sama untuk problem yang lainnya karena semua file plugin dan librarynya ada di dalam folder tersebut.


 5. Problem Solved

MENJALANKAN APLIKASI

jalankan aplikasi dengan menekan tombol "F6" pada keyboard, maka jendela utama program distro anime akan muncul dengan hak akses menu masih belum bisa diakses. menu dapat diakses ketika pengguna telah memasukkan username dan password di jendela login yang bisa dibuka melalui menu File -> Login


Tampilan Menu sebelum Login
Tampilan menu setelah login
FORM BARANG

form barang yang dapat dibuka dengan mengklik tombol menu Data kemudian klik menu Barang. form data barang ini sudah berisi CRUD (Create Read Update Delete)


Form Barang
FORM DATA ADMIN

Form Admin
 FORM PENJUALAN

form penjualan dengan tabel informasi barang yang laku yang tertera dengan terlebih dahulu telah melakukan transaksi pada form transaksi. form transaksi dapat dibuka dengan mengklik tombol "baru" 


Form Penjualan
FORM TRANSAKSI 

form transaksi ini merupakan form paling penting yaitu tempat seluruh transaksi dilakukan, input data yang di lakukan dalam form ini harus benar agar tidak terjadi error. dalam form ini kita bisa melakukan 1 id transaksi penjualan dengan banyak barang yang bisa dibeli yang akan disimpan dalam array dan ditampilkan melalui table list barang yang dibeli. 

setelah selesai menambahkan item, barulah lanjut ke proses pembayaran, kolom total bayar akan otomatis terisi dengan mengakumulasikan subtotal yang ada di table "Item" dan langsung menampilkannya di dalam kolom "Total Bayar" ( JANGAN DIEDIT ISINYA ).

yang harus diisi disini adalah kolom "Dibayar", masukkan jumlah pembayaran yang dilakukan oleh customer kemudian klik tombol "Hitung". 

kolom kembalian akan terisi secara otomatis setelah menekan tombol hitung dengan syarat "Dibayar" harus lebih banyak dibandingkan dengan "Total Bayar". sedangkan jika jumlah Dibayar lebih sedikit dari jumlah Total Bayar, maka Program ini akan memunculkan notifikasi bahwa uang kurang dan harus dimasukkan angka lebih banyak agar transaksi dapat disimpan. (NO BON)

Klik simpan untuk menyimpan Transaksi Penjualan jika sudah selesai menambahkan item.


Form Transaksi
FORM DETAIL BARANG

form ini akan muncul ketika kita mengklik tombol detail pada form penjualan.
Form Detail Barang

 Segitu saja untuk ulasan program aplikasi distro anime ini, untuk fitur fitur yang lainnya silahkan coba sendiri. aplikasi ini tentu saja masih memiliki banyak kekurangan, karena itu teman-teman bisa melengkapi aplikasi ini dengan keinginan kalian masing-masing.

Artikel Terkait :


Source Code Aplikasi Penjualan Distro Anime Menggunakan CRUD Berbasis OOP dan Array dengan Java Netbeans Tanpa Database Source Code Aplikasi Penjualan Distro Anime Menggunakan CRUD Berbasis OOP dan Array dengan Java Netbeans Tanpa Database Reviewed by Iwanda Kusuma on 10:49 Rating: 5

No comments:

RPL 2 community. Powered by Blogger.