Cara Menggunakan Lightshot di Linux untuk Melakukan Screenshot dengan Mudah - Chil97 - All About IT

Cara Menggunakan Lightshot di Linux untuk Melakukan Screenshot dengan Mudah



Lightshot merupakan salah satu aplikasi screenshot terbaik, terlengkap dan termudah yang sudah digunakan oleh banyak orang untuk mengambil gambar layar.

Dengan menggunakan Lightshot kita bisa menyimpan hasil tangkapan layar di drive penyimpanan PC kita atau bisa juga disimpan di cloud lightshot, kita juga bisa mengcopy hasil screenshot tadi ke klipboard untuk nanti kita paste di manapun kita mau.



Lightshot sekarang telah dirilis untuk digunakan pada device yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Lalu apakah Linux tidak bisa menggunakan lightshot untuk mengambil layar dengan mudah? 

Pada postingan kali ini saya akan berbagi gimana caranya kita menginstall kemudian menggunakan lightshot di Linux.

#1. Pertama, Pastikan di Linux kita telah terinstall Wine.
Bagi yang belum tau apa itu Wine dan belum tau cara menginstallnya, silahkan baca dulu apa itu Wine dan bagaiaman cara menginstalnya di postingan sebelumnya yaitu : Cara Menginstal dan Menggunakan Wine untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux


Setelah selesai menginstall wine, baru kita bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menginsall lightshot dan menggunakannya.

#2. Kedua, Donwload Setup-Lightshot melalui Terminal
langkah selanjutnya yaitu mendownload file setup-lightshot melalui terminal linux dengan perintah: 

wget http://app.prntscr.com/build/setup-lightshot.exe

Masukkan password, dan biarkan setup-lightshot selesai didownload dengan sendirinya. dan astikan tidak ada error.

#3. Ketiga, Install Lightshot
Setelah selesai mendownload setup-lightshot nya,  barulah kita mulai menginstallnya dengan perintah :

wine ./setup-lightshot.exe

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan Wine akan terbuka dengan sendirinya. Wine akan memumculkan system tray untuk menampung icon lighshot layaknya di windows dan icon tersebut akan memberikan ballon message untuk penggunaan pertamanya yaitu pesan cara menggunakan lightshot yang dimana cara menggunakannya hanya dengan menekan tombol printScreen di keyboard. 


#4. Keempat, Menggunakan Lightshot di Linux
untuk menggunakan lightshot di linux, kita harus membuka dulu aplikasi lightshot melalui menu Application. Tidak seperti di Sistem Operasi Windows yang sudah otomatis menjalankan lightshot saat startup dan memunculkan icon di system tray windows.

Kemudian untuk menggunakannyapun kita tidak bisa dengan menekan tombol Printscreen seperti di windows, caranya kita harus mengklik icon di systemtray yang sudah wine tampilkan barulah kita bisa mengambil screenshot kemudian menyimpannya.

Kesimpulannya, mengambil screenshot dengan lightshot memang mudah, akan tetapi harus menginstall Wine terlebih dahulu untuk menggunakannya. Sedangkan kita bisa mengambil screenshot langsung dengan menggunakan tombol printscreen di keyboard kemudian menyimpannya. 

Akan tetapi menggunakan lightshot ini memudahkan kita menghemat penyimpanan dan menghemat penggunaan aplikasi yaitu di mana saat mengambil screenshot kita bisa mengeditnya secara langsung tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. 

Kelebihan yang lainnya juga seperti kita bisa menyimpan hasil tangkapan layar di penyimpanan cloud milik lightshot dan kita hanya perlu membagikan url tempat screenshot kita disimpan dengan orang lain. 


Kita juga bisa langsung mengcopy ke klipboard dan di simpan di clipboard untuk sewaktu waktu bisa kita pastekan atau tempelkan di mana pun kita mau, asalkan tidak ada objek yang kita copy saat itu.
Cara Menggunakan Lightshot di Linux untuk Melakukan Screenshot dengan Mudah Cara Menggunakan Lightshot di Linux untuk Melakukan Screenshot dengan Mudah Reviewed by Iwanda Kusuma on 07:11 Rating: 5

No comments:

RPL 2 community. Powered by Blogger.