Cara Menginstal dan Menggunakan Wine untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux - Chil97 - All About IT

Cara Menginstal dan Menggunakan Wine untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux



Kembali pada pertengahan tahun 90an dan awal tahun 00an, Linux, sebagai sistem operasi yang baru, mengalami kekurangan aplikasi yang sangat berguna. Masalah ini sangat penting dalam dunia bisnis - dimana aplikasi desktop Windows dapat membuat atau mengurangi produktivitas. Untuk mengatasi kelemahan ini, lapisan kompatibilitas yang disebut WINE telah dibuat. Nama awalnya berdiri untuk Wine Bukan Emulator (karena semua orang mengira wine adalah emulator untuk menjalankan aplikasi Windows). Nama itu sekarang hanya Wine.
 
Secara efektif, apa yang Wine lakukan adalah membiarkan aplikasi Windows berjalan di platform Linux.Semua Itu tidak sempurna, dan aplikasi yang didukung terbatas. Jika Anda menginginkan Notepad, Kalkulator, atau Solitaire ... Anda masih bisa menggunakanna.


 
Tapi kemudian sesuatu yang menarik terjadi. Seiring waktu semakin banyak aplikasi yang didukung sampai Wine menjadi alat yang harus dimiliki banyak pengguna dan bisnis (dan terutama gamer Linux). Sampai saat ini ada ribuan aplikasi yang didukung sepenuhnya yang sekarang dijalankan di Wine (lihat database aplikasi untuk daftar lengkap) dan daftar itu terus berkembang. Sebaiknya sebagian besar pekerjaan Wine difokuskan pada permainan, namun Anda masih akan menemukan daftar aplikasi produktivitas yang baik.
 
Anda mungkin berpikir, karena kompleksitas membawa alat untuk beradaptasi seperti itu, Wine menjadi rumit untuk dipasang dan digunakan. Asumsi itu tidak benar. 

Sebenarnya, pengembang Wine telah berusaha membuat lapisan kompatibilitasnya semudah mungkin. Apa sebenarnya artinya? Agar lebih mudah, mari kita jalani proses pemasangan Wine lalu pasang dan jalankan aplikasi Windows dengan tool tersebut.


 
Saya akan mendemonstrasikan proses di Elementary OS Loki dan menginstal versi Wine terbaru.

Instalasi

Jika Anda menjalankan turunan Ubuntu, Anda akan menemukan Wine yang disediakan di Software Center. Kemungkinannya adalah, bagaimanapun, versi itu sudah usang/lama. Karena itu, kita ingin menghindari pemasangan "out of the box" versi yang ditawarkan. Untuk melakukan ini, kita harus menambahkan Repositori resmi dari Wine. Ini bisa dilakukan salah satu dari dua cara, melalui command line atau GUI. Karena tujuan kita menjalankan aplikasi Windows, mari gunakan metode GUI.
Begini caranya:
  1. Klik pada menu Applications
  2. Ketik Software Center
  3. Klik Software & Updates
  4. Klik pada tab Other Software
  5. Klik Tambah
  6. Masukkan ppa: ubuntu-wine / ppa di bagian garis APT (Gambar 2)
  7. Klik Add Source
  8. Masukkan password sudo anda
  9. Klik authentication
  10. Klik Close
  11. Saat diminta, klik Reload
  12. Buka AppCenter
  13. Carilah kata Wine

  14. Klik entri Wine lalu klik Install
  15. biarkan instalasi selesai dengan sendirinya.
wine PPA
Itu dia. Wine sekarang siap membantu Anda menginstal dan menjalankan aplikasi Windows. Ingat, bagaimanapun, tidak semua aplikasi akan bekerja dengan sempurna. Sebagian besar bisa, tapi jika Anda ingin mendapatkan solusi dan solusi eksklusif dari rumah Anda, Anda mungkin akan mengalami beberapa rintangan.

Memasang dan menjalankan aplikasi

Mari instal programer notepad yang sangat populer - Notepad ++. Anda ingin mendownload file dari lokasi yang tidak menyertakan opsi pemasangan aplikasi pihak ketiga (yang dapat menyebabkan penginstalan aplikasi gagal). Agar aman, download installer Notepad ++ dari Filehippo . Anda akan menemukan file .exe untuk Notepad++ di direktori Downloads Anda. Klik kanan file itu dan pilih Open in Wine Windows Program Loader (Gambar 3).
 
wine notepad
Pada saat pertama dijalankan, konfigurasi Wine untuk ~ / .wine akan diperbarui. Ini bisa, tergantung kecepatan mesin Anda, luangkan sedikit waktu. Biarkan proses ini selesai dan wizard penginstalan Windows yang sudah terlalu familiar akan dimulai dan memandu Anda untuk pemasangan Notepad ++.
 
Klik Next dan mulailah proses instalasi. Saat layar kedua muncul (Gambar 4), Anda akan melihat jalur Folder Linux yang agak un-Linux.
 
wine file path
Linux tidak berisi drive C seperti halnya Windows. Apakah ini salah? Tidak. Jika Anda melihat folder ~ / .wine, Anda akan melihat folder bernama drive_c. Dalam folder itu terdapat tiga sub-folder yang familiar:
  • ProgramFiles
  • Users
  • Windows
Seperti yang Anda pikirkan, ini adalah drive C Anda. Semua itu berarti, tinggalkan path Folder as-is saat instalasi.
 
Anda akhirnya akan sampai pada bagian Choose Components pada instalasi (Gambar 5).

Di sini Anda bisa memilih pilihan untuk instalasi. Jika lingkungan desktop khusus Anda memungkinkan ikon desktop (dan itu adalah pilihan Anda untuk menjalankan aplikasi), Anda mungkin ingin memilih Create Shortcut on Desktop (untuk membuat shortcut aplikasi yang baru diinstal lebih mudah / lebih cepat dibuka).
 
wine installation notepad 

Instalasi akan selesai dan menampilkan layar Finish. Biarkan kotak Run Notepad dicentang dan klik Finish. Notepad ++ akan berjalan.
 
 
Notepad ++ adalah contoh sederhana bagaimana Wine bekerja. Saat Anda menyelami aplikasi yang lebih rumit, hasilnya mungkin berbeda. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah kembali ke database aplikasi Wine, cari aplikasi yang ingin Anda instal, klik di atasnya, dan periksa status aplikasi saat ini. Anda akan menemukan setiap daftar aplikasi versi Wine yang diuji, jika dipasang, jika berjalan, dan memberikannya nilai. Ada:
  • Platinum : Aplikasi yang berjalan mulus keluar dari box.
  • Emas : Aplikasi yang berjalan dengan beberapa modifikasi yang diperlukan.
  • Perak : Aplikasi yang dijalankan dengan masalah kecil yang tidak mempengaruhi pemakaian.
Anda juga akan menemukan beberapa aplikasi yang terdaftar sebagai Sampah, yang berarti mereka tidak akan menginstal dan / atau menjalankannya.
 
Jika Anda memiliki aplikasi Windows yang sama sekali tidak ada dalam versi linux, jangan pernah takut ─ Wine ada di sini untuk membantu Anda. Meskipun tidak setiap aplikasi Windows akan berjalan di bawah Wine, koleksi aplikasi yang dilakukan sangat mengesankan.  

Dan mengingat hampir semua hal yang kita lakukan saat ini ditangani dalam browser web, dengan sedikit bantuan dari Wine, Anda bisa melakukan yang windows lakukan melalui Linux.
Cara Menginstal dan Menggunakan Wine untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Cara Menginstal dan Menggunakan Wine untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Reviewed by Iwanda Kusuma on 07:08 Rating: 5

No comments:

RPL 2 community. Powered by Blogger.