Apa perbedaan antara UEFI dan Legacy Mode yang harus kita pilih saat menginstal OS? - Chil97 - All About IT

Apa perbedaan antara UEFI dan Legacy Mode yang harus kita pilih saat menginstal OS?


Firmware adalah software yang berfungsi sebagai interface antara hardware (motherboard) dan Operating System. Legacy Mode mengacu pada firmware BIOS. Basic Input / Output System (BIOS) adalah firmware populer pertama untuk PC desktop yang diperkenalkan pada tahun 1975 oleh IBM untuk CP / M OS-nya. Meskipun masih banyak hadir, komputer telah berkembang pesat dan BIOS tidak dapat menyediakan fitur canggih perangkat keras modern. 

Baca Juga : Cara Melakukan Forget Network Windows 10


Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah penerus BIOS. UEFI menggunakan GUID Partition Table (GPT) sedangkan BIOS menggunakan skema partisi Master Boot Record (MBR). GPT dan MBR keduanya merupakan format yang menentukan informasi partisi fisik pada hard disk. Di bawah ini saya telah mencantumkan perbedaannya:

  • Ukuran partisi Max di MBR adalah ~ 2TB sedangkan pada UEFI itu adalah ~ 9 ZetaBytes
  • MBR dapat memiliki partisi primer max 4 sedangkan GPT dapat memiliki 128 partisi.
  • MBR hanya bisa menyimpan satu bootloader sedangkan GPT memiliki Partisi Sistem EFI khusus yang terpisah untuk menyimpan beberapa bootloader . Ini sangat membantu jika Anda memiliki dua atau lebih sistem operasi yang membutuhkan bootloader berbeda.
  • UEFI menawarkan boot aman yang dapat mencegah virus boot-time saat booting. 

Ada banyak perbedaan dan UEFI sama sekali berbeda dengan BIOS Legacy. http://www.rodsbooks.com/ oleh Roderick W. Smith adalah sumber online yang sangat baik untuk belajar tentang UEFI dan BIOS. 


BIOS sudah cukup usang/jadul dan UEFI menawarkan banyak fitur berguna. Jadi dianjurkan untuk menginstal sistem operasi apapun dalam mode UEFI. Catatan: Seseorang tidak dapat menginstal dalam mode UEFI dengan melakukan booting pada mode lawas.
Apa perbedaan antara UEFI dan Legacy Mode yang harus kita pilih saat menginstal OS? Apa perbedaan antara UEFI dan Legacy Mode yang harus kita pilih saat menginstal OS? Reviewed by Iwanda Kusuma on 20:02 Rating: 5

No comments:

RPL 2 community. Powered by Blogger.